Rabu, 05 Oktober 2011

SEJARAH KEPERAWATAN TIMUR TENGAH


Perawatan di Timur Tengah Arab
Dalam Arab Saudi Timur Provinsi suatu sekumpulan abba-gadis berpakaian menyala, satu demi satu, dari bus, dan bergerak dgn cepat, tertawa dan ngobrol, menaiki tangga dari Sekolah Hofuf Keperawatan. Doffing jubah mereka mengalir, 20 gadis file ke dalam tiga ruang kelas dan memulai hari mereka studi dengan bacaan dari Al Qur'an. Di Kairo, 1.000 mil, 400 gadis-gadis Mesir di kerchiefs, baju luar dan pantalon berkumpul di bangsal praktik di Sekolah 'Ain Syams Universitas Keperawatan. Luar Amman, di Putri Muna College of Nursing, siswa Yordania keperawatan Angkatan Darat di topi renda tinggi dan kuningan-kancing seragam berdiri rapi di perhatian untuk briefing mereka Matron-Kolonel sebelum memulai putaran mereka di rumah sakit militer yang baru dibuka.
Gadis-gadis ini, berkisar antara usia 14 dan 20, dengan latar belakang bervariasi dari modern ke abad pertengahan, sekitar untuk memulai pada sebuah perjalanan yang mengasyikkan: perjalanan ke keperawatan di Timur Tengah. Gadis-gadis Saudi akan pergi ke bidan, orang Mesir ke dalam keperawatan rumah sakit umum dan kesehatan masyarakat dan kadet Yordania ke byways teknis kedokteran modern. Mereka akan melakukan perjalanan di mana-mana dengan segala cara: untuk rumah sakit baru di kota-kota yang ramai, untuk tenda Badui di padang pasir berkilauan, ke rumah-rumah lumpur di sepanjang papirus-berpakaian sungai dan ke desa-desa pegunungan batu terurai sampai bertingkat. Beberapa akan memperoleh gelar dari universitas, sebagian akan menjadi pekerja keras perawat praktis dan beberapa akan lulus tahun mereka membawa keluar bayi, menjerit dan berwajah merah, yang masa kanak-kanak akan diawasi oleh orang lain yang memilih kesehatan masyarakat. Namun tujuan dari perjalanan panjang dan melelahkan mereka akan sama: Timur Tengah yang sehat masyarakat, sehat dalam semangat maupun dalam daging.
Pertumbuhan keperawatan dalam masyarakat tertentu secara umum menunjukkan bahwa status dan pendidikan wanita yang membaik. Memang adalah mungkin untuk mengatakan bahwa tingkat yang profesi keperawatan telah mencapai di suatu negara merupakan indikator yang sangat baik dari tingkat perkembangan keseluruhan negara itu. Di Timur Tengah tingkat bervariasi.
Di daerah baru berkembang di Timur Tengah, terutama di sepanjang Teluk Arab dan di Arab Saudi, keperawatan adalah suatu ide baru. Tapi itu adalah ide yang cepat memegang sebagai rakyat negara-negara mendorong diri mereka ke dalam dunia modern. Di Arab Saudi, misalnya, ada beberapa rumah sakit pemerintah 50 dan 175 apotik sekarang dalam operasi. Diakui, sebagian besar sarana dan fasilitas serupa di Teluk masih tergantung pada perawat yang diimpor dari Asia, Mesir, Libanon, Eropa, Kepulauan Inggris dan Amerika Serikat. Tapi negara-negara telah mulai mendirikan sekolah keperawatan modern dan sudah mematikan perawat praktis mampu staf setidaknya beberapa fasilitas. Pada awal 1950, misalnya, Perusahaan Amerika Minyak Arab mendirikan sekolah pelatihan perawat di Dhahran yang menyediakan pedoman untuk apa yang telah menjadi program pelatihan yang ekstensif untuk perawat praktis dalam bidang seperti Hofuf dan Dammam. Di Bahrain pemerintah membuka sekolah keperawatan pertama di 1959 dan ada hari ini dalam pembangunan rumah sakit 500 tempat tidur modern dengan fasilitas pelatihan bagi perawat 60 tahun. Di Dubai tahun lalu, seorang perawat Inggris dari Zanzibar membuka sebuah sekolah perawat berafiliasi dengan Rumah Sakit baru Rashid.
Sepanjang pantai kawasan Mediterania timur, keperawatan memiliki sejarah lebih lama lagi. Ini akan kembali ke 1847-tujuh tahun sebelum mendarat di Florence Nightingale Scutari di Turki selama Perang Crimean dan mendirikan profesi keperawatan modern sekuler. Pada tahun itu, Suster Prancis Amal didirikan sebuah rumah sakit di Beirut, direkrut gadis-gadis lokal untuk pelatihan sebagai pembantu perawat dan membuat Libanon pusat medis dari Timur Tengah.
Tetapi bahkan di Lebanon tingkat berbeda. Dalam radius 10 mil dari Beirut, pada setiap hari tertentu, dapat ditemukan Nona Abla Bsat, Bachelor of Science lulusan Universitas Amerika di Beirut, duduk di depan monitor jantung di unit perawatan koroner Rumah Sakit Amerika; Sitt Adele, sebuah pedesaan perawat dengan diploma dari sebuah rumah sakit di Tripoli, berjalan susah payah melalui desa pegunungan nya pada panggilan rumah; dan Umm Fawzi, seorang bidan tradisional dengan up-to-date pelatihan dan peralatan, memberikan bayi di pinggiran kamp Bourj el-Barajneh. Masing-masing perempuan, satu spesialis, satu generalis yang kompeten, ketiga yang berpengalaman, meskipun buta huruf, ahli, memberikan kontribusi dengan caranya sendiri khusus nya untuk kesehatan dan kesejahteraan rakyatnya. Dari tiga dunia yang berbeda, hidup dalam beberapa mil satu sama lain tetapi tidak pernah mungkin untuk memenuhi, ketiga sama-sama mewakili profesi keperawatan di Timur Tengah. Anda akan menemukan saudara mereka-dan beberapa saudara juga-di dan sekitar setiap ibukota Arab dan kota: teknisi, dokter umum dan bidan tradisional.
Nona Bsat adalah spesialis yang bekerja di dunia yang spesialis. Terdaftar di Sekolah Farmasi Universitas Amerika, ia, pada jam kesebelas, dibujuk oleh dokter keluarganya untuk beralih ke keperawatan. Pada Juni 1971, ia lulus dari Sarjana baru universitas empat-tahun program keperawatan Ilmu dan dua minggu kemudian bergabung dengan unit perawatan koroner. Hari ini dia adalah kepala perawat termuda di rumah sakit.
Nona Bsat-yang baik-untuk-orang tua yang didukung keputusannya untuk menjadi seorang perawat juga merupakan istirahat dalam keyakinan tradisional bahwa keperawatan merupakan profesi yang cocok untuk gadis yang mampu lebih baik. Setelah luas, keyakinan ini sudah mulai melemah di mana-mana. Memang benar bahwa Saudi tidak berarti bebas dari keyakinan bahwa menyusui adalah "tidak benar" pekerjaan untuk perempuan muda. Dari 1.279 perawat pada gulungan pemerintah di Arab Saudi, misalnya, hanya 529 adalah perempuan dan 47 ini hanya gadis-gadis Saudi. Tetapi bahkan dalam terobosan Arab Saudi telah dibuat. Samra Islam, salah satu dari tiga anak perempuan dalam sebuah keluarga kaya dagang Jeddah, meraih gelar Bachelor of Science dalam keperawatan dan sekarang bekerja di Ibu-Anak Klinik Perawatan Aramco di Dhahran. Selain itu, seorang saudari, Amira, adalah seorang apoteker dan lainnya, Sara, dokter mata.
Tidak ada kekhawatiran tentang kesesuaian bermasalah keperawatan ibu janda dari Sitt Adele Adele Jabbour saat Sitt ditentukan, pada usia 15, untuk mencari pelatihan perawat formal '. Baginya, Kristen dan miskin, pendudukan Sitt Adele adalah sebuah keharusan keuangan-seperti yang bagi mayoritas wanita Timur Tengah yang masuk ke h menyusui 25 atau 30 tahun yang lalu. Memang, sampai sekitar 10 tahun yang lalu, menyusui adalah rute utama untuk pendidikan dan perbaikan sosial bagi anak perempuan dari, Armenia Maronit, Nestorian, Kaldea, Melkit, Protestan, Ortodoks Yunani masyarakat minoritas dan Koptik. Dan hari ini anak perempuan mereka dan cucu sering pergi beberapa langkah lebih lanjut. Mrs Vathouhy Artinian, seorang gadis Armenia yang menarik, berfungsi sebagai spesialis dalam unit ginjal di Rumah Sakit Amerika di mana ibunya telah menjadi perawat praktis.
Perawat dengan gelar Bachelor derajat-seperti Science Abla Bsat dan Samra Islam-tidak berarti umum di Timur Tengah. Dan mereka yang memegang gelar umumnya ditemukan di rumah sakit modern di ibukota Arab atau mengajar di sekolah keperawatan. Memang, sampai saat ini, ketika American University of Beirut dan Universitas Yordania diresmikan BS program mereka sendiri, gadis yang ingin gelar universitas di keperawatan harus pergi ke luar negeri. Sisanya biasanya pergi ke tiga tahun program diploma di berbagai sekolah keperawatan swasta dan pemerintah. Seperti di Amerika Serikat, Inggris dan Eropa, perawat diploma tiga tahun menjadi Registered Nurse, atau "RN" Selain program diploma, rumah sakit yang paling Timur Tengah juga menawarkan 18 sampai 24 bulan pelatihan perawat praktis 'untuk perempuan dan laki-laki yang ingin belajar dan bekerja pada waktu yang sama.
Di luar kota, lebih jauh lagi, menyusui umumnya telah dibatasi pada perawatan ibu disediakan oleh dayas-the-persaudaraan kuno bidan. Meskipun mereka adalah peninggalan dari masyarakat abad pertengahan, seperti Badr dayas Iskandar, lebih dikenal sebagai Ummu Fawzi, masih memberikan mayoritas bayi yang lahir di wilayah ini. Umm Fawzi telah Daya selama lebih dari 25 tahun dan neneknya dan besar-nenek adalah dayas depannya.
Tetapi bahkan dalam bidang ini telah terjadi perubahan penting. Pemerintah Arab, dalam kerjasama dengan ahli kesehatan PBB, telah mulai untuk menyadap dan memanfaatkan ini profesi kuno dan terhormat, menggunakan yang lama untuk membangun yang baru. Daripada mencoba untuk menekan dayas-yang bakat mereka tidak dapat melakukannya tanpa pula-pemerintah telah menerapkan "Daya kontrol" dimana program dayas harus belajar keterampilan dasar kebidanan modern yang memenuhi syarat untuk lisensi. Jadi tangan tua diajarkan bagaimana untuk melakukan tes kehamilan dan untuk mensterilkan peralatan mereka sebelum pengiriman. Ketika Ummu Fawzi set keluar pada putaran di sebuah kamp pengungsi Palestina di luar Beirut ia masih mengenakan pakaian tradisional panjang dan putihnya syal mengalir, tapi ia juga membawa bersamanya kit yang dikembangkan oleh dan secara teratur diperiksa oleh PBB: gunting, tang, mata penyeka, kasa, tetes mata, bola kapas, solusi antiseptik, paket benang steril dan botol obat berlabel dengan sederhana, tanda-tanda bergambar jelas. Karena meskipun semua ahli dapat memberikan dayas bayi, banyak yang tidak bisa membaca.
Tingkat yang berbeda dari asuhan keperawatan di Timur Tengah tidak hanya mencerminkan negara-negara ke-perbedaan dalam kemajuan medis dan pembangunan sosial tetapi juga program pelatihan itu sendiri. Dalam area terdapat aneka program pelatihan: yang dijalankan oleh pemerintah, oleh beragam masyarakat misionaris asing dan asosiasi amal lokal, oleh perusahaan minyak seperti Aramco dan oleh badan-badan PBB. Setiap sistem Mengumumkan teori sendiri. Seorang gadis yang belajar di sistem Prancis, misalnya, lebih berkonsentrasi pada teori, sementara sekolah-sekolah Inggris dan Amerika stres pengalaman praktis.
Ada juga negara-ke-negara, dan rumah sakit-ke-rumah sakit, perbedaan dalam persyaratan penerimaan. Di Yordania dan Lebanon, di mana tingkat pendidikan dasar cukup tinggi, terutama untuk anak perempuan, perawat calon harus telah menyelesaikan sekolah menengah. Di Mesir dan Suriah, kebutuhannya adalah satu atau dua tahun dari sekolah tinggi. Di Arab Saudi, di mana sekolah pendidikan tinggi untuk anak perempuan relatif baru, dan di mana keyakinan bahwa perempuan berpendidikan tetap harus melakukan lebih baik dari keperawatan, persyaratan yang harus lebih fleksibel.
Siswa di sekolah-sekolah keperawatan pemerintah di seluruh Timur Tengah menerima kamar mereka dan papan dan tunjangan kecil sementara mereka belajar. Sebagai imbalannya mereka biasanya harus melayani di bidang klinik, rumah sakit provinsi atau dalam kapasitas pemerintah lainnya selama dua sampai tiga tahun.
Di Mesir ada pelatihan perawat 'kursus di setiap rumah sakit provinsi. Dari rumah sakit ini para perawat baru ditugaskan untuk klinik di pusat-pusat pembangunan pertanian di seluruh pedesaan. Selain itu, telah lama menjadi kebijakan Pemerintah Mesir untuk mengirim sejumlah besar perawat dilatih untuk negara-negara Arab yang membutuhkan staf rumah sakit, terutama ke Arab Saudi dan Teluk Arab.
Jordan sekarang membuat upaya khusus untuk melatih bidan modern untuk staf pusat kesehatan ibu 34 anak yang merupakan unit dasar dari pelayanan kesehatan publik. Saat ini pusat-pusat tersebut tergantung pada bidan tradisional seperti Ummu Fawzi, tapi akhirnya dayas akan memberikan jalan ke bidan modern: sudah wanita muda berpaling dari pelatihan Daya tradisional, lebih memilih kemerdekaan baru kuliah kebidanan untuk magang, perawat modern yang cerdas itu topi seragam dan renyah untuk gaun panjang dan selendang mengalir, klinik pemerintah untuk menuntut praktek swasta.
Meskipun ada perbedaan tajam dalam tingkat perawatan dan kekhasan daerah, keperawatan di Timur Tengah masih lebih mirip daripada yang berbeda untuk menyusui di tempat lain di dunia. Ada berjam-jam. Ada rendah bayar gaji rata-rata adalah $ 100 per bulan dan $ atas 200. Dan ada dedikasi terhadap profesi. Upacara capping yang begitu akrab dengan perawat di New York sebagai itu adalah untuk suster di pedalaman Australia memberi Sitt Adele, di Tripoli, Lebanon, salah satu kenangan paling hangat: "Kami berkumpul di sekitar sebuah lampu minyak tua, seperti lampu yang digunakan oleh Florence Nightingale, membacakan sumpah perawat dan menerima topi kami. " Upacara ini, dilakukan dalam bahasa Inggris, Perancis dan Arab di seluruh Timur Tengah, dan dedikasi yang diwakilinya, mempersatukan di saat ajaib satu perawat untuk setiap lainnya. Ini adalah semen yang membawa perawat bersama-sama dalam menghadapi oposisi keluarga, upah rendah dan ketakutan dan kecurigaan dari pasien mereka dari obat modern.
Ketakutan dan kecurigaan seperti sekarang berkurang, tapi sampai saat ini tersebar luas di Timur Tengah. Di Yordania perawat menemukan bahwa berurusan dengan suku bisa sangat enggan mencoba. Jika suku tahu bahwa klinik itu harus di kamp mereka pada tanggal tertentu, mereka hanya pindah. Jika dirujuk ke waktu, rumah sakit dan waktu lagi pasien Badui akan menolak untuk mengalah, lebih memilih untuk tinggal di antara keluarga dan teman-teman bahkan jika tinggal di rumah sakit berarti pemulihan. Seorang wanita Badui bersikeras bahwa kesepakatan mengunjungi perawat di tempat dengan jari hampir terpenggal dalam kecelakaan panen daripada membuat rumah meninggalkannya ke dokter.
Namun perawat membalikkan arus. Dengan ketekunan dan kecerdikan mereka telah secara bertahap meyakinkan kedua desa dan pengembara bahwa mereka berbuat baik, tidak merugikan. Hari ini klinik di seluruh wilayah sibuk, ruang mereka penuh sesak dengan pasien, muda dan tua, yang tidak akan pernah melihat dokter atau perawat beberapa tahun yang lalu. Di Yordania, sekelompok Irlandia saudari Fransiskan keperawatan melakukan tes canggih dan analisis dari laboratorium patologi mobile dan di pinggiran kota Amman mengoperasikan "rehidrasi" klinik mana cairan dikembalikan ke bayi dehidrasi serius oleh penyakit usus berbagai endemik ke Timur Tengah .
"Badui tidak lagi mencoba melarikan diri kami," tegas Andaleeb Arida Dana Save the Children, "karena mereka telah melihat hasil dari kunjungan-sehat kita bayi Kita perawatan pencegahan, mengajarkan para ibu untuk memberi makan bayi apa mereka dan bagaimana. untuk menyiapkan makanan bergizi, memberikan vaksinasi dan merujuk kasus untuk pengobatan klinik pemerintah Jadi sekarang mereka menunggu kita untuk datang; kunjungan kami telah menjadi peristiwa sosial, ibu dari satu pertemuan marga di dalam tenda untuk memiliki anak mereka diperiksa dan minum. segelas teh. " Perawat di dunia Arab tidak kaku dalam seragam mereka putih berkanji, mereka memiliki terlalu banyak yang harus dilakukan selain apa yang bisa disebut "keperawatan" dalam arti kata yang kaku.
Rumah sakit yang baru bersinar bangunan di dan sekitar kota-kota Arab juga membuat mualaf. Sekarang ketika dirujuk ke Rumah Sakit Sipil Amman indah, pasien perlu pemaksaan Badui ada: mereka mencari masuk dan merasa cukup di rumah di, bangsal terang lapang dengan piring-gelas mereka pemandangan bukit-bukit berbatu putaran bangunan-atas bukit. Ini telah mengambil waktu untuk memenangkan kepercayaan mereka, tetapi karena terobosan itu dibuat, telah ada aliran tak berujung dari sakit dan kurang gizi ke rumah sakit dan klinik. Aramco sendiri merawat lebih dari 500.000 orang per tahun dalam operasi rawat jalan di Semenanjung Arab, menjadikannya salah satu klinik rawat jalan terbesar di dunia.
Di balik perubahan ini adalah serangkaian keras memenangkan kemenangan medis; obat alami sukses adalah iklan terbaik untuk perawat, dokter atau klinik. Umm Fawzi, misalnya, mengatakan dia tidak pernah kehilangan pasien. "Aku membuat mereka tertawa dan mereka memberikan dengan cepat," ia terkekeh. "Dan aku selalu memanggil dokter bila ada komplikasi."
Suster Damien dari Misionaris Amal India membawa seluruh suku ke klinik ketika dia berhasil dioperasikan pada wanita Badui yang hampir kehilangan jarinya. "Jari hampir terpisah," kata Suster Damien, "jadi aku harus baik menggantinya atau mengamputasi itu saya memilih untuk menjahitnya kembali dan untungnya saya memiliki banyak pengalaman dalam jahitan.. Saya telah beberapa tahun di lepra koloni. "
Untuk perawat yang paling di Timur Tengah, tantangan tak terduga seperti yang biasa. Di Lebanon Sitt Adele pernah memberikan lima suntikan sehari selama tujuh hari-untuk sapi. "Itu kasus saya paling sulit," tersenyum Sitt Adele. "Saya takut dokter hewan sapi yang mengajarkan saya bagaimana untuk melakukan suntikan.. Anda meletakkan jarum di pertama dan kemudian melampirkan tabung kaca dengan obat, untuk sapi telah menyembunyikan sangat sulit. Tapi, apa yang harus dilakukan? Aku tidak bisa ' t menolak; sapi yang sangat berharga ". Sitt Adele disimpan sapi dan menerima empat liter susu dalam pembayaran.
Beberapa perubahan yang paling mencolok telah tempa di perawat itu sendiri. Seorang gadis desa Mesir belajar di 'Universitas Ain Shams mungkin tiba di gaun petani yang panjang tapi ia segera menghemat uang saku cukup untuk membeli sebuah rok mini dan blus untuk dipakai di waktu luang. Dia belajar ping-pong, menghiasi kamarnya dengan pop-bintang poster, pakaian untuk pergi keluar. Bulu halus tidak, tentu saja, membuat burung halus, rok mini juga tidak membuat wanita modern, tapi baju baru dan cara baru melakukan menunjukkan sikap baru dan ide-ide.
Di balik kepercayaan baru ini adalah perawat 'kesadaran bahwa mereka berada di puncak profesi mereka karena, sejauh ini, pria umumnya pergi dalam untuk keperawatan praktis dan bekerja sebagai perawat pembantunya. Jadi, sebagai penerima upah, perempuan memiliki posisi yang lebih baik perawat dalam keluarga mereka dan masyarakat, terutama vis-a-vis suami mereka. Hari ini, pada kenyataannya, karir keperawatan meningkatkan kelayakan seorang gadis sebagai istri. Meskipun banyak perawat sekaligus cenderung untuk menikah pekerja tidak terampil, mereka sekarang, menurut Mrs Fayez Beritahu Haidar kepala keperawatan di Rumah Sakit Sipil Amman, melakukan jauh lebih baik. "Banyak dokter muda kita sekarang menikah perawat Arab Arab mereka bertemu pada pekerjaan dokter ini digunakan untuk menikahi gadis asing, sering perawat yang mereka bertemu saat mereka mengkhususkan diri di luar negeri. Hari ini mereka dapat menemukan countrywomen kerja mereka sendiri di samping mereka.."
Sangat mudah untuk melihat, bagaimanapun, bahwa Timur Tengah gadis yang pergi dalam untuk karir keperawatan adalah terbuat dari barang-barang keras. Seorang perawat di Timur Tengah hari ini harus semua hal untuk semua orang. Tantangannya adalah besar dan kecil hadiah materi. Tapi, kemudian, ada kepuasan yang lebih besar menyajikan dunia dengan bayi yang sehat dan mengamatinya tumbuh menjadi seorang pemuda, tinggi lurus, untuk mencapai kebersihan di mana ada kotoran, membawa keluar cahaya di mana sebelum ada kegelapan, kesehatan mana ada sakit, keyakinan di mana hanya ada rasa takut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar